Wednesday 26 September 2012

Mau Kerja Part-Time?

"Ya mau gimana lagi Mas, soalnya beasiswa nggak cukup untuk membawa keluarga. Padahal saya juga ingin keluarga ikut menambah pengalaman hidup di negara maju. Jadi..."

"Sponsor saya cuma membiayai tuition fee saja Mas, sedangkan biaya hidup harus cari sendiri. kalau mengandalkan tabungan ngga cukup, jadi..."

"Lumayan buat menambah koleksi gadget...Soalnya aku pengen yang ini, pengen yang itu, ini itu banyak sekali...aku mau iPad, MacBook, dsb,..."

"Buat beli BMW Mas, nanti bisa dibawa pulang, dipakai dua tahun terus dijual lagi dan masih untung..." (pst..ini pasti bukan mahasiswa dari Indonesia).

"Buat nambah tabungan haji Mas, Insya Allah saya tekadkan untuk bisa berangkat haji dulu sebelum kembali ke tanah air. Kalau berangkat dari tanah air mesti antri sampai belasan tahun, kalau dari sini kan bisa langsung berangkat..." (Semoga banyak yang punya jawaban seperti ini).

Jawaban-jawaban diatas merupakan sebagian alasan kenapa PhD student nyambi kerja sebagai staf kebersihan, penjaga toko, pengasuh anak, atau pekerjaan sejenis lainnya. Menjadi staf kebersihan atau kerja paruh waktu lainnya tentulah bukan cita-cita utama seorang calon PhD di Inggris. Namun kadangkala pekerjaan itu menjadi sesuatu yang sangat diidamkan ditengah ketidakberdayaan menghadapi tekanan biaya hidup yang semakin tinggi. Bagi mereka yang melanjutkan study dengan modal nekat atau dengan dukungan finansial seadanya, kerja paruh waktu menjadi sesuatu yang sangat menarik dan terus diburu.

Bekerja paruh waktu di Inggris tidaklah terlarang. Visa TIER 4 untuk mahasiswa asal Indonesia memungkinkan untuk kerja paruh waktu asal tidak lebih dari batas maksimal yang diijinkan (Visa saya membolehkan maks 20 jam seminggu). Sedangkan bagi dependant (suami atau istri yang menemani student) dibolehkan kerja penuh waktu. Artikel ini ditulis karena banyak teman-teman yang bertanya bagaimana caranya mendapatkan kerja part-time di UK. Namun sebelumnya, bagi pelajar terutama PhD student, ada baiknya baca dulu artikel PhD is not only about research.

Sebelum melamar kerja, ada beberapa hal yang harus disiapkan:

1. National Insurance (NI) number.
Bentuk fisik NI number di kita adalah seperti kartu penduduk, dimana dituliskan nama kita dan nomor NI kita. Untuk mendapatkan nomor ini cukup dengan menelpon jobcentreplus pada nomor: 0845 600 0643. NI number ini free jika mendaftar melalui Jobcentre plus. Sebelum menelpon harap siapkan data diri termasuk alamat dengan post code-nya, pasport dan visa, karena data-data detail tentang ini akan ditanya. Setelah itu, jobcentreplus akan mengirim formulir pendaftaran untuk dilengkapi dan dikirim kembali ke mereka. Setelah itu baru NI number diperoleh. Proses ini biasanya memakan waktu satu-dua bulan.

2. CV sesuai kebutuhan.

Siapkan beberapa jenis CV sesuai dengan jenis pekerjaan yang hendak dilamar. Meskipun untuk pekerjaan sebagai staf kebersihan, buatlah CV secara profesional. Sertakan pengalaman kerja yang bersesuaian.

3. Referee.

Siapkan dua atau tiga nama yang bersedian menjadi referee bagi kita. Nama-nama ini hendaknya nama staf/pejabat pada tempat dimana kita pernah bekerja sebelumnya. Tentunya ini agak sulit bagi pendatang baru, maka gunakanlah nama-nama staf/pejabat yang kita kenal dan mengenal kita di UK. Pastikan orang tersebut bersedia memberikan rekomendasi kepada kita jika diminta oleh perusahaan yang kita lamar (perusahaan akan mengontak orang ini untuk memberikan referensi).

4. Bahan-bahan lain sesuai dengan permintaan pada pengumuman.

Bahan ini biasanya berupa formulir isian atau bahan lainnya. Setelah bahan-bahan diatas ready, maka langkah selanjutnya adalah hunting lowongan kerja.

Pengumuman lowongan kerja biasanyan bisa di lihat dilink dibawah ini. Biasanya tersedia opsi untuk mendapatkan e-mail pemberitahuan jika ada lowongan. Untuk mendapatkannya, maka kita diminta mengisi formulir yang tersedia. Untuk melamar pekerjaan kadang kita juga diminta mengisikan data diri yang ada di CV ke form yang mereka sediakan online dan bisa di update sewaktu-waktu.

1. http://jobseekers.direct.gov.uk/homepage.aspx?sessionid=812164b3-9fe2-4552-b7b1-fccc84a043c6&pid=2



2. http://www.ncl.ac.uk/vacancies/jobs/index.php


3. http://www.jobs.nhs.uk/


4. Di media-media, job vacancy pada website tiap perusahaan, teman yang sedang bekerja pada suatu perusahaan dsb.

Kegiatan berikutnya adalah pelamaran, menunggu panggilan wawancara, wawancara dan persiapan untuk memulai bekerja.

Untuk kali ini saya cukupkan demikian dulu. Untuk tips-tipsnya Insya Allah akan disampaikan pada postingan berikutnya. Selamat hunting...

1 comment:

  1. saya dah 3 tahun kerja di London. memang payah tapi setakat ni semua ok. kalau nak cari kerja kat sini saya cadangkan guna link ni: https://join.magnet.me/u/siti.mokhsein.93447

    ReplyDelete