Friday 16 December 2011

Silaturrahim ke Huddersfield

"Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia sukakan menjalin silaturrahim” (Hadith Riwayat Al-Bukhari).

Durham
Dalam rangka mengamalkan sunnah Nabi SAW ini, maka pada tanggal 3-4 Desember 2011, kami sekeluarga berangkat menuju Huddersfield, sebuah kota kecil antara Leeds dan Manchester, England Midland. Tujuan utama kami adalah menjumpai sahabat kami, Delfia dan keluarganya. Terakhir kami bertemu Delfia pada musim panas tahun lalu. Saat itu Delfia masih lajang. Kemudian Delfia menikah di tanah air dengan seorang pemuda bernama Halim. Dari pernikahan mereka, lahirlah Bian. Selain Delfia dan keluarga, kami juga bermaksud menjumpai sahabat kami Ikhwan dan keluarganya. Ikhwan merupakan sahabat lama kami yang kebetulan sekarang sama-sama berada di UK dalam rangka melanjutkan study. Kami bertetangga ketika tinggal di daerah Alai, Kota Padang, tujuh tahun lalu. Tidak lupa, kami juga bermaksud menjumpai sahabat kami, Ali yang telah tinggal di Huddersfield selama sepuluh tahunan. Ali merupakan salah satu aktifis KIBAR (Keluarga Islam Indonesia Britania Raya).

Normalnya, perjalanan kesana memakan waktu sekitar dua jam dari Kota Newcastle upon Tyne, namun kami memutuskan untuk menyinggahi dua kota yang belum sempat kami kunjungi yaitu Kota Durham dan Kota Leeds. Maklumlah, sebagai seorang penerima beasiswa yang hidup pas-pasan, momen silaturrahim ini juga merupakan kesempatan juga bagi kami untuk berwisata bersama keluarga ke daerah lain di UK ini. Untuk memudahkan perjalanan, kami memilih type tiket 'anytime within a month'. Jenis tiket ini memungkinkan kami untuk berangkat dan kembali pada waktu yang paling kami senangi (sekali perjalanan return dalam jangka waktu sebulan) dan kami dapat turun di station mana saja selama dalam perjalanan tersebut untuk kemudian melanjutkan kembali perjalanan dengan kereta berikutnya.

Rute perjalanan yang dipilih adalah: Newcastle-Durham, singgah sebentar di Durham, kemudian dilanjutkan dengan rute Durham-Leeds, singgah sebentar di Leeds, Leeds-Huddersfield, menginap semalam di Huddersfield. Keesokan harinya, dari Huddersfield kami putuskan untuk kembali mampir di Leeds, karena pada saat singgah pertama kami terhalang oleh hujan dan suasan yang sudah beranjak gelap. Setelah puas di Leeds, maka kamipun menaiki kereta kembali ke Newcastle.

Video berikut ini menampilkan perjalanan tersebut dari Newcastle ke Huddersfield dan kegiatan selama di Huddersfield, sementara kegiatan di kota lain ditampilkan dalam foto-foto dibawahnya.



Gate Entrance at Newcastle Central Station 

Newcastle Central Station, menunggu kereta 

Information, Durham 

Durham Station
Durham Castle
Durham
Durham Castle in Silhouette 

Durham 

Durham 

Durham 

Under the Bridge 

Durham 

Durham 

Durham 

Durham 

Durham 

Durham 

Durham 

Leeds Station 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Bersama Bian, putra Ide dan Halim 

Huddersfield Light Festival 

Huddersfieldl 

Leeds, sudah ada sejak 1926 tapi kok ga berkembang ya??? :-) 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Leeds 

Alhamdulillah, nikmatnya silaturrahim sambil wisata.
Newcastle upon Tyne, 17 Dec 2011
Ritzal405







No comments:

Post a Comment