Saturday 28 January 2012

Sesudut Aberdeen University


Aberdeen University merupakan universitas tertua ketiga di Scotland dan tertua kelima di UK. Universitas ini merupakan gabungan dari dua universitas tua King's College (tercatat berdiri sejak tahun 1495 di Kota Aberdeen Lama/ Old Aberdeen) dan Marischal College (tercatat berdiri 1593 di Kota Aberdeen Baru/The New City of Aberdeen).


Alhamdulillah, pada awal Januari yang lalu saya berkesempatan berkunjung ke Kota Aberdeen dan melihat langsung King's College beserta quadrangle dan bangunan bersejarahnya, King's College Chapel dan Chapel Crown Tower. Bangunan lama ini masih terawat dan masih berfungsi dengan baik.

Ada pertanyaan yang mengusik ketika melihat gedung ini: mengapa dinamakan King's College dan mengapa ada mahkota di sana. Ternyata mahkota itu bukanlah mahkota kerajaan (Royal Crown) melainkan mahkota Imperial (Imperial Crown) yang diduga dimasukkan dalam arsitektur untuk menegaskan kemandirian Raja Scotland. Nama King's College sendiri ditengarai sebagai upaya untuk mempertahankan eksistensi universitas di masa-masa sulit.

Sebagaimana lazimnya universitas abad pertengahan, gedung universitas menyatu dengan gereja dan dikendalikan oleh bishop. Adalah William Elphistone yang mendapat otoritas dari Pope Alexander VI untuk mendirikan dan memimpin universitas ini untuk pertama kalinya. 

Tidak diketahui apakah saat ini gedung tersebut masih digunakan untuk aktifitas ibadah harian atau tidak, mengingat saat ini gereja-gereja banyak yang sepi jemaat. Seiring dengan pemahaman yang cenderung memisahkan agama dengan ilmu pengetahuan, fungsi gedung sebagai gereja mulai ditinggalkan dan berganti menjadi murni ruangan belajar. Hal ini sejalan juga dengan semakin hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap gereja dan berkembangnya paham atheis. Akibatnya kegiatan keagamaan tergusur dari bangunan utama dan pindah ke bangunan lain yang lebih kecil. Gereja-gereja yang dulu megah dan dipenuhi kegiatan keagamaan, kini sudah banyak dijual dan berubah fungsi. Kebalikannya, agama Islam berkembang dengan pesat di UK. Saat ini Islam menempati urutan ketiga terbanyak setelah Kristen dan Atheis. Ummat Islam di UK dapat membeli bangunan bekas gereja dan dijadikan sebagai masjid. Karena bangunan tua dan bersejarah dipelihara oleh negara, maka meskipun bangunan tersebut sudah berubah menjadi masjid, bentuk luarnya maupun ornamen-ornamen khas peninggalan abad pertengahan tidak boleh dirubah.

Foto-foto berikut merupakan sebagian dokumentasi pribadi saya di Aberdeen University.


Berpose di depan Chapel Crown Tower

Patung depan bangunan King's College Chapel, di belakang terlihat Chapel Crown Tower.

Crown Chapel Tower berwarna ke-emasan diterpa mentari pagi.

Ritzal dan Rizal, di depan Gerbang King's College Chapel (didirikan 1494)

Berpose lagi di depan King's College Chapel

Bishop Elphinstone's Monument di depan Chapel Crown Tower.

Ternyata pelangi ada di mana-mana :-)
Satuhal lagi yang mengejutkan adalah, ternyata rokok sudah dilarang di sana sejak lama. Pengumuman berikut merupakan salah satu buktinya. Kalau tidak salah, pengumuman ini dibuat tahun 1913.

Notice to students (1913)
Newcastle, 28 Januari 2012
Ritzal405

No comments:

Post a Comment